Jamu Penggugur Kandungan

Sekarang banyak sekali wanita yang mengkonsumsi jamu khusus untuk menggugurkan kandungan mereka, padahal hal itu sangatlah berbahaya bagi bunda. Oleh karena itu kali ini kami akan memberikan infromasi mengenai 10 bahaya jamu penggugur kandungan saat hamil muda. Ini dia ulasannya untuk Bunda :

1. Membuat Rahim Kering

Mungkin banyak sekali alasan mengapa bunda ingin melakukan aborsi atau menggugurkan kandungan di saat usia yang masih muda. Memang ada beberapa jamu khusus yang digunakan untuk menggugurkan kandungan, beberapa wanita menggugurkan kandungan dengan mengkonsumsi jamu peluntur kandungan ini. Padahal di Indonesia, kegiatan aborsi atau pengguran tanpa perlakuan medis maka disebut dengan ilegal. Indonesia melarang pengguguran seperti ini, karena berbahaya bagi bunda dan juga janinnya. Salah satu bahaya yang bisa bunda dapatkan jika bunda keseringan mengkonsumsi jamu peluntur kandungan adalah membuat rahim menjadi kering. Jika rahim sudah kering maka bunda selanjutnya akan kesulitan untuk hamil lagi. Kesuburan pun akan menjadi berkurang, jadi jika tak ingin rahim kering jangan sampai minum jamu penggugur kandungan.

2. Infeksi Pada Rahim

Sebaiknya bunda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu dan memang mempertimbangkan mengapa ingin aborsi. Sekali lagi kami jelaskan disini jika aborsi tanpa tindakan medis dan dilakukan sendiri adalah suatu tindakan yang ilegal bunda. Jika melakukannya maka bisa membuat kita terkena pidana karena termasuk perbuatan ilegal yang ditentang hukum. Hukummanya bisa diberi denda hingga 1 Milyar dan maksimal hukuman penjara selama 10 tahun lamanya. Mungkin jika kita menggugurkan kandungan menggunakan jamu maka akan keluar darah dan gumpalan dari vagina. Namun perlu bunda ketahui jika tidak semua rahim bisa luruh dengan bersih, akibat aborsi tidak bersih adalah bisa menimbulkan infeksi pada rahim bunda yang jika dibiarkan akan berubah menjadi penyakit rahim yang membahayakan nyawa.

3. Kram Perut Berlebihan

Ketika minum jamu penggugur kandungan maka tentu saja akan membuat bunda merasakan efek sampingnya. Aborsi atau pengguguran kandungan menggunakan obat-obatan atau jamu khusus bisa membuat bunda merasakan kram perut yang berlebihan dan membuat bunda menjadi tidak nyaman selama seharian. Bahkan bunda mengalami kesakitan sama seperti melahirkan. Jadi jika bunda tak ingin mengalami kram perut seperti ini sebaiknya hindari menggurkan kandungan dengan jamu karena bagaimanapun pasti ada efek samping dan bahayanya. Konsumsi obat atau jamu yang memang benar-benar diperbolehkan dan disarankan oleh dokter kandungan.

4. Kerusakan Pada Rahim

Sayangnya jamu penggugur kandungan saat hamil muda dijual secara umum di pasaran sehingga banyak sekali wanita dengan mudah membelinya untuk kepentingan aborsi. Padahal dampak dari jamu itu bagi wanita seringkali tidak disadari dan berbahaya sekali. Salah satu bahaya yang bisa bunda alami jika bunda konsumsi jamu khusus untuk menggugurkan kandungan adalah bunda akan mengalami kerusakan pada jaringan rahim sehingga bunda akan mengalami infertilitas atau kemandulan yang membuat bunda tidak bisa hamil lagi. Pikirkan resikonya matang-matang bunda, jangan sampai menyesal ya.

5. Kerusakan Pada Tuba Falopi

Efek samping dari aborsi atau keguguran itu beda ya  bunda, dimana jika aborsi kita sama saja dengan memaksa namun keguguran itu biasanya terjadi secara alami. Jika bunda mengalami keguguran berulang maka ketahuilah juga penyebab keguguran berulang. Kembali lagi pada bahasan bahaya dari minum jamu untuk menggugurkan kandungan, keseringan minum jamu ini atau minum jamu dalam jumlah yang berlebihan bisa menyebabkan saluran pada tuba falopi atau indung telur menjadi rusak atau tersumbat. Nah jika tuba falopi sudah tersumbat maka selanjutnya sperma akan sulit untuk membuahi telur dan juga akan sulit membawa telur yang sudah dibuahi menuju ke rahim. Jadi waspadalah jika ingin minum jamu untuk menggugurkan kandungan, harus siap dengan berbagai resikonya.

6. Radang Panggul

Bahaya dari konsumsi jamu untuk meluruhkan kandungan yang keenam adalah bisa menyebabkan bunda mengalami radang panggul. Radang panggul ini merupakan salah satu gangguan kesehatan yang mengkhawatirkan. Secara medis, radang panggul ini adalah sebuah infeksi yang menyerang beberapa bagian yaitu infeksi pada tuba falopi, leher rahim, rahim dan juga indung telur. Penyebab radang panggul ini sangat beragam, yaitu bisa karena gonore dan juga bisa karena konsumsi dari jamu penggugur kandungan tadi. Efek selanjutnya dari radang panggul adalah bisa menyebabkan radang panggul kronis dan juga bisa meningkatkan resiko kehamilan ektopik atau hamil di luar rahim.

7. Pendarahan Berlebihan

Menggurkan kandungan sendiri atau istilahnya aborsi adalah salah satu tindakan yang sangat berbahaya karena tidak diawasi secara medis. Salah satu bahaya jika bunda menggugurkan kandungan yang masih di trimester pertama dengan jamu khusus adalah bunda bisa mengalami pendarahan berlebihan. Sebelumnya bunda harus tahu mengenai penyebab pendarahan saat hamildahulu. Bunda bisa mengalami pendarahan berlebihan dan berkepanjangan setelah minum jamu khusus itu dan jika bunda terus terus-terusan mengalami itu maka bunda cenderung akan mengalami anemia.

8. Sulit Hamil

Seperti yang sudah kita bahas diatas jika bunda melakukan aborsi maka akan banyak sekali bahaya yang bunda alami. Salah satu dampak yang paling besar dan akan bunda rasakan setelah aborsi melalu jamu atau obat penggugur kandungan khusus adalah bunda akan sulit untuk hamil karena rahim sudah tidak subur lagi. Hal itu disebabkan dari berbagai macam bahaya yang juga ditimbulkan dari minum jamu ini, kesulitan hamil bisa disebabkan karena rahim kering, kerusakan pada tuba falopi, dan berbagai penyebab yang sudah kami sebutkan di atas tadi. Ketahuilah juga tentang makanan untuk kesuburan wanita.

9. Plasenta Lengket Dengan Dinding Rahim

Bahaya kesembilan yang bisa bunda alami jika menggugurkan kandungan menggunakan jamu adalah bunda akan mengalami resiko memiliki plasenta yang lengket dengan dinding rahim. Jika bunda mengalami seperti ini maka resiko kehamilan selanjutnya adalah bunda akan lebih rentan juga mengalami plasenta yang lengket pada dinding rahim dan tentu saja berbahaya bagi kehamilan.

10. Penyakit Reproduksi 

Bahaya terakhir yang mungkin akan bunda alami setelah menggugurkan kandungan dengan paksa lewat jamu adalah bunda akan mengalami stress yang berebihan. Sebenarnya melakukan aborsi ini akan berdampak pada psikologis bunda setelahnya, sadar atau tidak sadar bunda akan cenderung menyalahkan diri sendiri, dihantui rasa takut dan bersalah, khawatir, bahkan rasa trauma dan akibatnya bunda akan mengalami stress yang jika tidak segera diatasi maka bisa berubah menjadi depresi yang akan sangat membahayakan.

Itu dia bunda informasi penting mengenai 10 bahaya jamu penggugur kandungan saat hamil muda. Sebaiknya bunda hindari melakukan aborsi karena merupakan hal ilegal jika tidak melalui proses medis. Selain bisa mengalami beberapa bahaya di atas bunda akan beresiko terjerat pidana karena tindakan ini ilegal. Semoga artikel ini bermanfaat!